News


Jum'at, 01 Maret 2024 21:56 WIB

Melati Erzaldi

Visi Besar Melati, Majelis Taklim Menjadi Pilar Agama, Sosial, dan Ekonomi

Melati Erzaldi selalu mempunyai mimpi yang besar untuk Majelis Taklim Bangka Belitung agar tidak hanya sebagai pilar keagamaan saja tetapi juga penggerak sosial dan ekonomi masyarakat/Foto: babelinsight.id

Untuk mewujudkan harapan itu, Melati memperkenalkan kepada Majelis Taklim yang sebagian jamaahnya itu merupakan Ibu rumah tangga dan para pelaku UMKM itu, tentang pengembangan Bank Infaq.


----
Penulis : Tedja Wahana
Editor : Nekagusti

Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mempunyai mimpi besar untuk menjadikan Majelis Taklim bukan hanya memainkan peran penting dalam memperkuat agama saja, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan dalam hal pergerakan ekonomi dan sosial,  bagi jamaahnya. 

Harapan itu disampaikan Melati saat menghadiri Kegiatan Rutin Bulanan Majelis Taklim Al-Husna, Desa Padang Baru, Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (1/31/24).

Melalui Bank Infaq yang dikenalkan Melati, diharapkan dapat memberdayakan dan menyejahterakan anggota majelis taklim, sekaligus melaksanakan niat amal kebajikan/Foto: babelinsight.id

"Saya berharap Majelis Taklim ini bukan saja sebagai komunitas berkumpul Ibu-ibu dalam bidang keagamaan saja, tetapi juga menjadi sebuah pergerakan ekonomi, pergerakan sosial, yang menyejahterakan jamaahnya" harapnya.

Apa itu Bank Infaq?

Menurut Melati, usaha syariah bank infaq dapat menjadi salah satu langkah strategis dalam mengoptimalkan penggunaan dana infaq untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.  

Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip syariah dalam operasinya, bank infaq dapat memberikan solusi keuangan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Bank infaq juga dapat menjadi sarana yang efektif untuk menyalurkan dana infaq kepada yang membutuhkan serta mengembangkan produk dan layanan yang memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

"Berawal dari dana infaq yang kita kumpulkan, selain untuk berbagi rezeki dan membantu masyarakat yang membutuhkan, juga untuk digulirkan kepada jamaah membantu modal usahanya" jelasnya. 

Jamaah Majelis Taklim yang sebagian adalah Ibu Rumah Tangga dan pelaku UMKM antusias akan penjelasan yang diberikan oleh Ketua BKMT, Melati/Foto: babelinsight.id

Dengan modal usaha itu, jamaah akan mengembalikan dana tersebut, ditambah dengan infaq dari hasil usahanya. Dari hasil pengalaman, tidak ada jamaah yang gagal bayar, justru infaq dari jamaah akan bertambah. 

Melati berharap Bank Infaq akan menjadi jawaban dan solusi khususnya bagi permasalahan ekonomi jamaahnya. 

Mengedepankan suara umat

Pada kesempatan itu, Melati beliau mengucapkan terima kasih atas dukungan, doa dan mandat yang diberikan oleh masyarakat Bangka Belitung kepada dirinya dalam pemilihan pemilihan umum legeslatif yang telah berjalan secara kondusif dan aman. 

"Alhamdullilah, Pemilu Presiden dan Pemilu Legeslatif sudah berjalan dalam kondisi kondusif dan aman. Terimakasih juga atas mandat dan dukungan masyarakat Bangka Belitung kepada Saya, wabil khusus masyarakat Bangka Tengah" ungkapnya. 

Keterwakilannya di DPR RI ini akan mewakili suara-suara perempuan dan UMKM Bangka Belitung yang selama ini belum ruang untuk berkomunikasi. 

Dirinya yakin dengan pengalaman yang dimiliki serta dukungan dan doa dari masyarakat, mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya. 

"Saya semakin bangga, karena Bangka Belitung adalah Rumah Saya, Rumah Kita, dan Keluarga Kita" tegasnya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur