Opinion


Senin, 21 November 2022 12:56 WIB

Story

Logo HUT Babel ke-22, Apa Filosofinya?

Logo Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-22 tahun 2022, yang mengusung tema Hijau Biru Babel-ku/Foto: Dokumentasi Pemprov. Kep. Babel

"Logo angka "22" warna biru dengan ornamen daun hijau di angka pertama yang melambangkan kebijakan perbaikan kualitas lingkungan hijau, juga berarti kesejahteraan. Sedangkan ornamen tukik (penyu) warna biru tidak hanya melambangkan upaya menjaga kelestarian laut Bangka Belitung sebagai daerah kepulauan saja, tetapi juga keoptimisan."
------
Penulis : Tedja Wahana
Editor : Nekagusti 

PANGKALPINANG - Tepat hari ini, Senin (21/11/22) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung genap berusia 22 tahun. Peringatan hari jadi ini juga sebuah momentum yang tepat untuk mengapresiasikan syukur dan kegembiraan, dengan apa yang telah dicapai Bumi Serumpun Sebalai. 

Untuk mengapresiasikan momentum hari jadinya, setiap daerah pasti memiliki logo yang dipasang di berbagai sudut. Karena logo yang merupakan tulisan, sketsa, atau gambar itu merupakan perwujudan identitas dan entitas sebuah daerah, tak terkecuali Bangka Belitung. 

Pada hari jadinya ke 22 tahun ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusung tema besar yaitu "Hijau Biru Babel-ku", dengan logo identitas visual 22 Tahun yang mencerminkan karakter sesuai dengan tema yang diangkat. 

Pada edisi ini, babelinsight.id berkesempatan mewawancarai Rian Wahyudi, design grafis dari Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Babel, yang juga designer graphic dari logo HUT ke-22 Babel. Ia merupakan pemuda asal Desa Keretak, Bangka Tengah (Bateng). 

"Saya mendapatkan clue (petunjuk) bahwa tahun ini kita akan mengusung tema yang berkenaan dengan alam. Hijau dan biru sangat tepat menggambarkan alam yakni laut (untuk biru), dan hijau filosofinya sebagai jenggala," katanya. 

Sementara itu, hewan Mentilin atau dalam bahasa latinnya Tarsius, yang merupakan binatang endemik Bangka Belitung juga menghiasi di atas logo angka 22 tersebut. Pemilihan hewan mungil ini sebagai penanda ciri khas Bumi Serumpun Sebalai. 

"Bisa disimpulkan logo dan tema Hijau Biru Babel-ku mengandung makna momentum Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-22 ini, Bangka Belitung dengan segala kekayaan dan keindahan alam yang dimiliki untuk terus meningkatkan kualitas lingkungan, mencari cara yang inovatif dan kreatif untuk terus berupaya menjaga keberlangsungan kekayaan hutan dan bahari serta menjaga keoptimisan menuju masyarakat yang maju dan sejahtera," katanya.


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur