Culture


Selasa, 04 Oktober 2022 12:45 WIB

Story

Sadis, Kisah Pria Dikuliti Hidup-hidup

Gambar mayat yang dikuliti, nasib Marco Antonio Bragadin di Famagusta tahun 1571. (Wellcome Images)

Kisah pembantaian, pengepungan, dan eksekusi sadis sering terjadi sepanjang sejarah.
_____

Penulis: Hanny Nur Fadhilah
Editor: Putra Mahen


NAMUN demikian, penyerangan brutal terhadap Marco Antonio Bragadin, komandan Venesia dari Famagusta. Ia memimpin perlawanan Venersia terhadap perang Utsmaniyah- Venesia pada 1570-1573.

Bragadin terjebak dalam perjuangan besar antara Kekaisaran Ottoman dan Republik Venesia sebagai negara adidaya berjuang untuk mendominasi Mediterania. Daerah Kristen terakhir yang tersisa di Mediterania timur, Siprus adalah target utama Sultan Selim II yang memerintahkan invasi ke pulau itu pada Juli 1570 dengan 80.000 tentara yang kuat.

Setelah merebut Nicosia dalam pengepungan 40 hari, komandan Ottoman, Lala Mustafa Pasha, memutuskan untuk mengirim pesan ke Famagusta, sebuah kota pelabuhan penting dan benteng terakhir kekuatan Venesia yang tersisa di pulau itu. Dalam momen yang mengingatkan pada adegan terakhir film Brad Pitt tahun 1990-an Seven, Pasha mengirim kepala Nicolas Dandolo, komandan Nicosia, bersama dengan permintaan untuk menyerahkan Famagusta. Bragadin menjawab:

"Aku sudah melihat suratmu. Saya juga telah menerima kepala letnan Nicosia, dan dengan ini saya katakan bahwa bahkan jika Anda dengan mudah merebut kota Nicosia, dengan darah Anda sendiri, Anda harus membeli kota ini.”

Sulit untuk menekankan keadaan sulit di mana Bragadin dan penghuni Famagusta tanpa disadari sekarang menemukan diri mereka sendiri. Terletak lebih dari 1.400 mil dari Venesia, mereka hanya memiliki 8.500 orang untuk mempertahankan kota. Meskipun tembakan meriam gencar dan jumlah yang unggul, pengepungan Famagusta berlangsung selama 13 bulan dan menyebabkan kematian sekitar 50.000 Ottoman.

Patung yang menggambarkan Marco Antonio Bragadin. (Sailko)

Setelah tawaran untuk perjalanan yang aman ke Kreta, Bragadin menyerah pada 1 Agustus 1571 dan berbaris ke tenda Pasha untuk mengirimkan kunci ke kota, ditemani oleh sekitar 300 orang terbaiknya. Mungkin kesal dengan kesombongan Bragadin, Pasha akhirnya memerintahkan orang-orang Venesia untuk dibunuh dan kepala mereka ditumpuk di depan tendanya.

Setelah memotong hidung dan telinganya, Pasha melakukan serangkaian ritual penghinaan. Pada tanggal 17 Agustus 1571 Bragadin diarak keliling kota, dibuat untuk membawa karung-karung tanah mengelilingi tembok kota, dan kemudian digantung di tiang kapal dan ditenggelamkan ke laut.

Di luar Katedral Saint Nicolas, sekarang Masjid Lala Mustafa Pasha, Bragadin dikuliti hidup-hidup. Kulitnya yang terkelupas kemudian dijahit bersama, diisi dengan jerami, dan didandani dengan pakaian Bragadin untuk dipamerkan di jalanan hingga dijadikan trofi. Kemudian piala perang yang menakutkan ini diikat ke dapur Pasha dan dikirim kembali ke Konstantinopel.

Marco Antonio Bragadin, alias Marcantonio Bragadin, dikuliti hidup-hidup di luar Katedral Saint Nicolas di Famagusta, Siprus. Ukiran oleh Antonio Vivani dari Sejarah Venesia Dinyatakan dalam 150 Pelat. (Public domain)

Mendengar pemberitaan di Famagusta, armada Kristen menuju ke Pertempuran Lepanto pada Oktober 1571. Hal ini menimbulkan kerugian besar pada armada Ottoman dan mengakhiri ambisi maritim mereka. Gencatan senjata yang ditandatangani pada tahun 1580 menyebabkan perbatasan Mediterania yang masih ada antara Islam dan Kristen.

Seluruh peristiwa mengerikan itu akhirnya mengubah Bragadin menjadi seorang martir Kristen. Kembali di Venesia, sebuah monumen untuk Bragadin didirikan di Basilika di San Zanipolo. Kulitnya ditemukan dari Konstantinopel oleh seorang pelaut Venesia pada tahun 1580 dan dikebumikan di tempat yang masih dapat dikunjungi sampai sekarang.

Sumber: NatGeo


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur