Lifestyle


Kamis, 22 September 2022 12:48 WIB

Health

Mau Glow-Up? Cek Kebutuhan Vitamin E Kamu..

Ilustrasi wajah sehat/ Foto: unsplash

Untuk mencapai glow-up secara fisik tersebut, diperlukan pula usaha seperti mengonsumsi makanan atau minuman yang memang baik untuk tubuh, berolahraga secara rutin, tidak tidur terlalu larut malam, dan Vitamin E! 

---------------------

Penulis: Septiadi
Editor: Nekagusti

Glow-up, istilah zaman sekarang yang sering dipakai untuk mendefinisikan tranformasi seseorang yang luar biasa, baik itu secara fisik maupun emosional. Namun, glow-up lebih sering dikaitkan dengan perubahan secara fisik, yakni memiliki wajah yang mulus, rambut yang indah, bibir yang merona dan lainnya.

Dalam hal ini, Vitamin E bisa menjadi nutrisi yang baik untuk mencapai tujuan glow-up kamu. Mengapa? Karena Vitamin E merupakan vitamin yang kaya akan antioksidan, yang baik untuk kesehatan kulit, rambut, kekebalan tubuh, dan banyak lagi.

Menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, vitamin E adalah nutrisi yang larut dalam lemak, yang berarti membutuhkan lemak untuk diserap. Ini terutama berfungsi sebagai antioksidan, atau molekul bermanfaat yang melawan radikal bebas. 

Kebutuhan vitamin dari buah dan sayur/ foto: freepik

Perlu diketahui bahwa radikal bebas adalah senyawa yang bila hadir dalam kadar tinggi, dapat menyebabkan kerusakan sel. Tubuh secara alami menghasilkan radikal bebas sebagai hasil dari proses normal (metabolisme), tetapi faktor-faktor seperti polusi lingkungan dan radiasi UV dapat meningkatkan pembentukan radikal bebas. 

Radikal bebas picu kanker

Nah, jika radikal bebas ini menumpuk, maka dapat menyebabkan kerusakan sel dan stres oksidatif, kontributor utama kondisi kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Untuk itu, dari situlah antioksidan seperti vitamin E masuk. Umumnya, antioksidan bekerja dengan mengais dan menetralisir radikal bebas, yang pada akhirnya membuatnya tidak berbahaya. Ini melindungi sel-sel kamu dari stres oksidatif, serta menjaganya agar tetap sehat dan baik.

Menurut ahli diet, Maddie Pasquariello, MS, RDN, sifat antioksidan dari Vitamin E juga memiliki "kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari sekaligus menstabilkan skin barrier." 

“Tapi tidak hanya itu saja, Vitamin E juga mendukung kesehatan kulit dengan mempertahankan kadar kolagen (protein struktural utama di kulit), serta pertumbuhan rambut,” kata Pasquariello.

Nutrisi ini juga terlibat dalam membantu fungsi kekebalan dan aliran darah yang tepat, menurut National Institutes of Health.

Temukan Vitamin E, di sini

Sederhananya, vitamin E adalah senyawa penting untuk kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Kekurangan Vitamin E memang jarang terjadi, tetapi karena tubuh tidak dapat memproduksi Vitamin E sendiri, maka kamu perlu mendapatkannya dari hal lain. 

Untungnya Vitamin E ini mudah ditemukan, terutama dalam banyak sekali makanan nabati seperti kacang almond, alpukat, biji bunga matahari, minyak biji bunga matahari, sayuran hijau, tomat. Jadi, tidak sulit untuk mencapai jumlah Vitamin E yang disarankan yaitu 15 miligram per hari, sesuai Pedoman Diet 2020-2025 untuk Orang Amerika.
 
Sumber:www.realsimple.com


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur