Lifestyle


Selasa, 20 September 2022 11:18 WIB

Health

Kamu Kurang Tidur? Hati-Hati dengan Penyakit Ini!

Tidur berkualitas untuk hindari penyakit/foto:freepik

"Kurang tidur juga dapat mempengaruhi mulai dari kesehatan mental, penurunan kesuburan, penurunan kekebalan terhadap penyakit dan dorongan seks yang buruk, Alzheimer, penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi."

------------------------

Penulis: Septiadi
Editor: Nekagusti

Dari serangkaian penerapan gaya hidup sehat, seperti pola makan yang sehat dan seimbang, olahraga teratur, tidak mengonsumsi alkohol, ada satu elemen yang terkadang sering dilupakan. Yaitu, tidur malam yang berkualitas dan cukup. Hal ini sering diabaikan karena berbagai alasan kesibukan atau tugas kantor yang masih menumpuk.

Padahal, apabila kita meremehkannya, ini dapat berdampak buruk bagi diri kita. Kurang tidur secara klinis dapat menyebabkan peningkatan masalah kesehatan yang serius, termasuk kanker, Alzheimer, penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi. 

Nah, dengan banyaknya efek buruk tidak memiliki tidur malam yang berkualitas. Yuk, mulai berupaya menerapkan tidur yang cukup dan berkualitas. Jika, masih memiliki permasalahan untuk tidur, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidur malam kita berkualitas:

1. Mengubah Mindset atau Pola Pikir
Mindset atau pola pikir dalam hal ini menjadi hal yang penting untuk mulai diubah. Awalnya mungkin akan sedikit sulit. Namun, jika kita tegas untuk menjadikan tidur sebagai prioritas yang perlu diperjuangkan di atas segala rutinitas lainnya yang dirasa tidak terlalu penting. 

Kesampingkan aktivitas nonton Netflix, scroll media sosial, chat-chatan, jika telah masuk waktu tidur. Selain itu, tanamkan pula pada otak, bahwa untuk menuju mendapatkan tidur malam yang berkualitas, kita perlu mengakui pada diri sendiri bahwa tidur malam yang berkualitas sangat penting untuk kebaikan jangka pendek dan jangka panjang untuk kita, baik itu untuk rohani maupun jasmani.

2. Jadikan Sebagai Rutinitas
Agar keinginan untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas tidak hanya menjadi sekadar wacana, maka sangat diperlukan tekad untuk menjadikan keinginan tersebut menjadi rutinitas. Pertama-tama kita perlu mengetahui bahwa tidur yang baik untuk orang dewasa, yakni 8 jam dalam sehari. Kedua, tentukan kapan kita akan tidur dan bangun tidur. Ketiga, atur atau setel alarm pada jam weker atau smartphone kita. Hal ini, bertujuan untuk mendisiplinkan diri kita, agar membentuk sebuah rutinitas.

3. Tidak Tidur Siang Setelah Pukul tiga Sore
Siklus adalah kuncinya. Seluruh tubuh akan bergerak dan bekerja berdasarkan siklus tidur saat gelap-bangun saat terang. Maka dari itu, sangat perlu untuk kita menentukan tenggat waktu agar tidak tidur siang setelah jam 3 sore. Diperbolehkan untuk tidur siang, tetapi jangan terlalu sore dan terlalu lama, karena ini dapat menganggu siklus rasa ngantuk alami pada tubuh kita.

4. Hindari Konsumsi Kafein dan Nikotin Pada Sore dan Malam Hari

segelas kopi/ foto: freepik
Minuman yang mengandung kafein (seperti teh, kopi, minuman bersoda, suplemen olahraga) merupakan salah satu yang menjadi faktor penghambat tidur. Untuk itu, ada baiknya kita mempertimbangkan seberapa banyak yang kita konsumsi, serta waktu mengonsumsinya. 

Selain kafein, stimulan adiktif lain yang banyak dikonsumsi yang dapat memengaruhi rasa kantuk kita adalah nikotin.
Untuk itu, perlu untuk menghindari konsumsi kedua hal ini pada sore hingga menuju malam hari, agar waktu tidur kita tidak terganggu.

5. Mandi Sebelum Tidur
Untuk tertidur, tubuh kita membutuhkan penurunan suhu 1°C. Mandi sebelum tidur dapat menjadi kesempatan yang baik untuk kita melepas lelah dan relaksasi. Selain mandi, suasana ruangan yang lebih sejuk, juga akan membantu kita tertidur.

Sumber:apetogentleman


Subscribe Kategori Ini
Pangkalpinang Bangka Selatan Bangka Induk Bangka Barat Bangka Tengah Belitung Belitung Timur